Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Sabtu, 19 Januari 2013

BPJ Wilayah II Sukabumi, Anggarkan Perbaikan Jalan 80 Milyar

SUKABUMI – Badan Pengelolaan Jalan (BPJ) Wilayah II Sukabumi Dinas Bina Marga Provinsi telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp90 Milyar untuk perbaikan ruas jalan provinsi dan jembatan yang ada di wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi, salah satu sasarannya yaitu perbaikan ruas jalan Sukabumi - Sagaranteun.
            Kepala Seksi Pemeliharaan BPJ Wilayah II Sukabumi, Apit Bachrul mengatakan di wilayah ruas jalan Sukabumi – Sagaranteun tersebut. Terdapat empat titik kerusakan jalan, dengan kondisi yang sangat parah. “Kerusakan ini di akibatkan factor alam, permukaan tanah yang labil dan kondisi hujan yang secara terus menerus mengguyur wilayah sukabumi,” katanya.
            Lanjut Apit, saat ini ke empat titik ruas jalan yang mengalami kerusakan itu setiap saat dalam pantauannya, bahkan dalam waktu dekat akan segera diperbaiki. Karena itu merupakan suatu tugas dan kewajiban pihak BPJ, karena jika tidak ditanggulangi dikhawatirkan dapat menimbulkan kecelakaan pengguna jalan, baik itu roda dua maupun roda empat. “Kini ruas - ruas jalan itu sedang dalam penanganan darurat pihak BPJ, secepatnya kita ingin memperbaikinya,” katanya.
Apit menambahkan, pihaknya menargetkan pada tahun 2013 sekarang, semua jalan provinsi yang berada di sukabumi bisa mencapai 98 peren mantap, jika perlu tidak ada lagi jalan yang rusak. “Sambil menunggu proses anggaran ini keluar, semaksimal mungkin kita melakukan peninjauan dan penangan darurat sebisa mungkin, baik itu ruas jalan yang menghubungkan wilayah  Sukabumi - Sagaranten maupun ruas jalan Pelabuhan Ratu – Cikotok serta ruas jalan lainnya,” katanya.
            Selain kondisi tanah dan ruas jalan yang labil hingga menyebabkan banyak jalan yang rusak, baik itu kerena longsor maupun retak – retak. Factor lain yang menjadi penyebab juga salah satunya adalah saluran drainase yang tidak berpungsi serta banyaknya kendaraan yang mengangkut barang melebihi kafasitas (overlod). “Apapun penyebabnya, tetap saja kerusakan ini adalah tanggungjawab kami. Untuk itu kami pun berharap masyarakat pengguna jalan sedikit bersabar,” pungkasnya. Nendy Cahya