Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Minggu, 13 November 2011

Walikota Sukabumi Menangis, Karena Ucapan Pejuang Wanita

SUKABUMI – Puluhan Janda – janda para pejuang dan Veteran yang ada di Kota Sukabumi mendapat perhatian dalam peringatan Hari Pahlawan 10 November 2011, yang dilaksanakan dua Organisasi Kepemudaan (OKP) yakni Pemuda Panca Marga (PPM) dan Organisasi Sukabumi Raya (OSR). Perhatian tersebut, berupa santunan sembako kepada para janda pejuang dan veteran.
Turut hadir dalam kegiatan itu Walikota Sukabumi H Mokh Muslikh Abdusyukur, bahkan orang nomor satu di Kota Sukabumi tersebut tampak terharu, hingga meneteskan airmata mengikuti jalannya peringatan hari pahlawan tersebut. Hal itu disebabkan ucapan dari salah seorang pejuang wanita, yang mengingatkannya pada orangtua Walikota Sukabumi. “Saya masih ingat pada tahun 1945, bapaknya, (Almarhum H Abdussyukur) Walikota Sukabumi yang berasal dari Sukanagara, pernah menberikan bantuan berupa beras kepada kami untuk perbekalan perang di Bojong Kokosan dan Cimanggu,”ujar Komariah Ilyas. .
    Kontan saja, setelah mendengar ucapan tersebut walikota sukabumi tampak terharu, hingga ketika ditemui sejumlah wartawan masih tampak raut kesedihan diwajahnya. “Peringatan hari pahlawan ini selalu mengingatkan pada orangtua saya. Beliau berpesan dan menberi wasiat dengan gamblang yakni ketika saya sudah memiliki kedudukan jangan sampai lupa kepada para pejuang,”ungkapnya.
Menurutnya, hari ini kita bisa menghirup udara segar di Kota Sukabumi, itu di karenakan para pejuang. Dan sudah seharusnya kita semua mengenang para pejuang dalam peringatan hari pahlawan ini. “Untuk itu apa yang di korbankan para pejuang dulu jangan sampai kita sia-sia kan. Namun demikian saya sangat bangga menjadi anak pejuang,”pungkasnya.
Sementara Ketua PPM Kota Sukabumi, Hikmat Nuristiawan (Sogong)  mengatakan tercacat ada sebanyak 50 orang janda-janda para pejuang dan veteran di Kota Sukabumi yang mendapat santuanan dalam kegiatan tersebut. Selain kegiatan itu, dalam memperingati hari pahlawan, pihaknya juga menggelar acara bakti sosial lainnya seperti, donor darah, kurban serta pengecetan makam pahlawan yang ada di Kota Sukabumi bersama OSR.
“Kendati hanya sebagian kecil yang kami beri pada para pejuang ini, namun bagi kami hal sangat menyenangkan, karena masih berbuat sesuatu pada mereka. Selain mereka masih ada, kami pun menganggap mereka sebagai orangtua kami,”paparnya sambil menambahkan, mudah-mudahan selaku generasi penerus sekarang, semuanya bisa mewarisi keberanian para pejuang tersebut. (Ndie)